Tips Cara Hipnotis Diet Alami OCD Artis Olla Ramlan Pantangan Ibu Hamil Daftar Timnas U-19 Terbaru Cara Perut Sixpack Rata Vino G Bastian Video Youtube

MANFAAT PUASA UNTUK KESEHATAN TUBUH

MANFAAT PUASA UNTUK KESEHATAN TUBUH - Bulan Ramadhan sudah menjelang. Jangan ragu untuk menjalankan kewajiban berpuasa di bulan itu. Pasalnya, ilmu kedokteran sudah membuktikan berbagai macam manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Malah, baru-baru ini sejumlah ilmuwan asal University of Southern California (USC), Amerika Serikat menemukan satu lagi manfaat berpuasa. Puasa, ternyata mampu memicu sel-sel punca untuk aktif meregenerasi sistem imun atau kekebalan tubuh. Artinya, hingga saat ini puasa merupakan satu-satunya penyebab alamiah yang bisa mengaktifkan sel punca, untuk berubah menjadi sistem tubuh lain. Lihat juga Jadwal Puasa 2014 Ramadhan 1435 H dan Tanggal Awal Mulai Puasa Tahun 2014.

GAMBAR Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Manfaat Puasa Sehat dan Bugar

Para peneliti dari USC melakukan riset terhadap tikus dan juga percobaan klinis fase 1 terhadap manusia. Hasilnya, berpuasa selama dua sampai empat hari dalam periode enam bulan, akan memicu berubahnya kondisi sel punca, dari tidak aktif (dormant state) menjadi siap untuk memperbarui diri sendiri.

Hali itu terjadi karena, ketika kita berpuasa sistem tubuh akan berusaha untuk menghemat energi. “Salah satu cara yang dilakukan tubuh untuk berhemat adalah mendaur ulang sel-sel imun yang sedang tidak dibutuhkan, terutama yang sudah rusak,” jelas Valter Longo, salah satu peneliti yang juga adalah Professor Gerontology and the Biological Sciences University of Southern California.

Longo menambahkan, puasa yang berkepanjangan bukan hanya memaksa tubuh untuk menggunakan simpanan glukosa dan lemak. Tapi, ternyata juga memaksa tubuh untuk membuang sel-sel darah putih dalam porsi yang cukup besar. Longo menganalogikan ini seperti pesawat kargo yang terpaksa membuang sebagian kargo bawaannya agar menjadi lebih ringan.

Dalam setiap siklus puasa, kadar enzim PKA akan berkurang. PKA menurut Longo, adalah gen kunci yang harus dihilangkan atau dikurangi jika ingin mengubah kondisi sel punca ke posisi aktif, dan mulai membentuk sistem atau organ tertentu, dalam kasus ini sistem kekebalan tubuh.

Lebih jauh lagi, penelitian juga menunjukkan bahwa manfaat berpuasa bagi pasien dengan kondisi kekebalan tubuh yang menurun akibat efek negatif kemoterapi. Atau, juga bagi orang tua yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Jelasnya begini. Tubuh membuang sel-sel imun yang rusak, tua dan tidak efisien selama berpuasa. Lalu menggantinya dengan yang baru. “Jadi, jika Anda punya sistem imun tubuh yang rusak berat akibat pengobatan kemoterapi misalnya, berpuasa bisa menyebabkan terbentuknya sistem imun tubuh yang benar-benar baru,” kata Longo.

Bukan hanya itu. Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa puasa dapat mengurangi hormon IGF-1, yaitu hormon pertumbuhan yang berhubungan dengan masalah penuaan, perkembangan tumor dan resiko kanker.

Penelitian ini masih merupakan studi awal, dan masih dibutuhkan studi klinis lebih lanjut. Meski begitu, ini semakin menegaskan begitu banyaknya manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh.

Semoga informasi terkait dengan Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh ini bermanfaat. Jaga kondisi badan agar senantiasa sehat saat berpuasa ramadhan sehingga dapat menjalankan ibadah secara maksimal dan kembali fitri.




Like dan share ya sobat...
Link Artikel: http://best-easy-seo.blogspot.com/2014/06/manfaat-puasa-untuk-kesehatan-tubuh.html
Review Artikel: 100% based on 999 ratings. 999 user satisfaction.

MANFAAT PUASA UNTUK KESEHATAN TUBUH

Posted by Best Easy SEO, Published at 1:30 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment