Tips Cara Hipnotis Diet Alami OCD Artis Olla Ramlan Pantangan Ibu Hamil Daftar Timnas U-19 Terbaru Cara Perut Sixpack Rata Vino G Bastian Video Youtube

FOTO GUNUNG BROMO TERBARU 2016 Kondisi Terkini Berita Update

Foto Gunung Bromo Terbaru 2016 Kondisi Terkini Berita Update - Aktivitas Gunung Bromo terus meningkat. Pada hari ini gunung yang berada di empat wilayah kabupaten ini mengeluarkan letusan eksplosif. Lihat juga Cara Mengatasi Tidur Salah Bantal dan Harga Paket Foto Prewedding Terbaru Indoor dan Outdoor.


Kepala Tim Tanggap Darurat Erupsi Gunung Bromo, Iing Kusnadi, mengatakan tercatat sampai pukul 18.00 WIB ada 11 kali letusan yang tergolong eksplosif yang terjadi mulai Sabtu dini hari.

"Terutama empat letusan yang terjadi Sabtu pagi hari. Letusannya disertai gempa vulkanik yang getaran amplitudo jarum seismografnya mencapai 42 milimeter. Getaran paling lama bertahan sampai 23 detik. Ini merupakan aktivitas terbesar yang tercatat sampai sekarang ini," kata Iing, Sabtu sore.

Keempat letusan vulkanik itu disertai pancaran sinar api meski samar terlihat dan suara gemuruh dari dalam tanah.

Abu vulkanik pun tak seperti biasanya, berwarna abu-abu, melainkan sudah berwarna kuning kemerahan.

Ketinggian semburan abu vulkanik mencapai 900 meter dari puncak kawah Bromo.

"Arah abu menuju barat laut, atau ke wilayah Kabupaten Malang," sambungnya.

meski letusan kali ini merupakan aktivitas tertinggi yang tercatat, muntahan material masih berupa material sekunder, yaitu abu vulkanik. Pihaknya belum melihat adanya lontaran material primer berupa lava pijar.

"Tekanan suhu udara kawah mencapai 300 derajat Celsius. Abu vulkanik yang dilontarkan mengandung serbuk silika magmatik dengan kandungan debu bercampur kerikil, pasir, dan batu," papar Iing.

Iing menambahkan, meskipun demikian status Bromo masih pada level Siaga. "Kami tetap pantau dan terus meng-update data terbaru Bromo tiap enam jam," ujar Iing.

Namun meningkatnya aktivitas Gunung Bromo tidak membuat warga Desa Ngadisari khawatir. Warga Tengger ini malah merasa bersyukur karena gunung yang mereka keramatkan itu tengah bergolak.

"Nenek moyang kami bersemayam di kawah Bromo. Sekarang justru sedang menyapa kami cucu-cucunya. Kami percaya nenek moyang kami akan melindungi kami," kata Tais (35), warga Tengger asal Ngadisari.

Menurut Tais, luapan abu vulkanik adalah berkah bagi desanya dari nenek moyangnya. Abu vulkanik itu akan memberikan kesuburan bagi perkebunan warga Tengger.

"Tiap kali meletus, kami sudah biasa. Berkah nenek moyang, pasti tidak akan mencelakakan kami," ujarnya.

Ditemui terpisah, Kepala Desa Wonokitri, Kabupaten Pasuruan, Aidarmiwati, menambahkan letusan vulkanik Bromo tak mengenai desanya.

Perempuan yang biasa disapa Ida itu menuturkan tak mendengar gemuruh gempa dari dalam kawah Bromo.

"Saya hanya lihat abu yang menyembul agak berbeda. Pasti ada peningkatan aktivitas. Tapi desa kami tidak terkena," imbuh Ida.

Ida menyatakan desanya hanya terkena abu vulkanik tipis. Kendati demikian, abu tersebut merusak lahan perkebunan kentang milik warga.

"Gagal panen karena banyak kentang yang rusak. Tapi terlepas dari itu, kami masih aman," ucap Ida.

Foto Gunung Bromo Terbaru 2016 Kondisi Terkini Berita Update




Like dan share ya sobat...
Link Artikel: http://best-easy-seo.blogspot.com/2016/01/foto-gunung-bromo-terbaru-2016-kondisi-terkini-update.html
Review Artikel: 100% based on 999 ratings. 999 user satisfaction.

FOTO GUNUNG BROMO TERBARU 2016 Kondisi Terkini Berita Update

Posted by Best Easy SEO, Published at 9:07 PM and have 0 comments
Comments :

No comments:

Post a Comment